Tugas 10 - Studi Kasus Enterprise Application Integration
Pengembangan
sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan perguruan tinggi saat ini semakin
marak. Melihat skala dan kompleksitasnya, sistem informasi perguruan tinggi,
khususnya dengan student body 10 ribu lebih dapat dikatagorikan sebagai sistem
informasi enterprise. Pada pengembangan sistem informasi enterprais, strategi
bertahap dalam kurun waktu yang panjang, menimbulkan versi aplikasi yang
banyak. Sehingga mengintegrasikan aplikasi dalam rentang versi teknologi yang
berbeda menjadi kendala, jika menggunakan prinsip integrasi yang menyatukan
teknologi. Oleh karena itu, pada makalah ini dibahas tentang bagaimana strategi
integrasi aplikasi menggunakan pendekatan enterprise application integration
(EAI). Dengan menggunakan EAI, integrasi dapat dilakukan di tingkat data/
informasi, presenasi/ akses dan fungsional/ proses bisnis. Pola yang diterapkan
juga dapat memilih pola mediasi maupun federasi. Pada kasus Universitas Katolik
Parahyangan (UNPAR) diterapkan integrasi di sisi data menggunakan prinsip data
integration dengan proses ETL (extract-transform-load) dan data warehousing.
Integrasi di sisi proses bisnis diterapkan dengan workflow dan dari sisi
presentasi menggunakan pola federasi dengan menggunakan web portal. Dari model
integrasi yang diusulkan diinventarisasi portofolio teknologi free open source
software (FOSS) yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan model tersebut.
Pengembangan
sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan perguruan tinggi saat ini semakin
marak. Melihat skala dan kompleksitasnya, sistem informasi perguruan tinggi,
khususnya dengan student body 10 ribu atau lebih dapat dikatagorikan sebagai
sistem informasi enterprise. Hal ini juga berlaku bagi Universitas Katolik
Parahyangan (UNPAR). Pengembangan yang bertahap dalam kurun waktu yang panjang,
menimbulkan versi aplikasi yang banyak, sehingga mengintegrasikan aplikasi
dalam rentang versi teknologi yang berbeda menjadi kendala. Kendala akan muncul
lebih besar lagi jika menggunakan sudut pandang penyatuan teknologi untuk semua
aplikasi.
Universitas
Katolik Parahyangan (UNPAR) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta besar
di Bandung. UNPAR berdiri pada tahun 1955, saat ini memiliki 7 fakultas dengan
18 program studi. Untuk operasional, UNPAR telah mengembangan teknologi
informasinya baik dari infrastruktur jaringan, pusat data, perangkat keras dan perangkat
lunak aplikasi untuk sistem informasi.
Arsitektur
aplikasi sistem informasi (SI) UNPAR dapat dilihat pada gambar 2. Pada gambar
tersebut terlihat bahwa, saat ini
UNPAR
telah memiliki banyak aplikasi, yaitu:
1.
SI
Akademik, selanjutnya disebut SIA. Mencakup semua fungsi akademik, dari mulai
seleksi dan penerimaan mahasiswa baru, registrasi mahasiswa (FRS), pelaksanaan
perkuliahan, sistem penilaian dan administrasinya, pendaftaran skripsi, sampai
dengan wisuda.
2.
SI
Keuangan, selanjutnya disebut SIK, mencakup proses penganggaran, pembelian,
kas, akutansi dan pelaporan.
3.
SI
Kepegawaian, selanjutnya disebut SISDM, mencakup fungsi kepegawaian, mulai dari
administrasi kepegawaian, kehadiran, payrol.
4.
Web
site Unpar, yang menjadi pusat publikasi bagi universitas yang dikelola oleh
Humas, dan masing-masing bagian dikelola oleh unit kerja masing-masing.
5.
Web
site Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM). Dikelola khusus
oleh LPPM sebagai media komunikasi dengan para peneliti.
6.
Web
site Pusat Pendidikan Berkelanjutan (PBB). Untuk publikasi layanan pendidikan
informal seperti kursus bahasa Inggris, test TOEFL dan bursa kerja.
7.
Web
site kantor internasional (IO). Sebagai situs untuk hubungan kerjasama
internasional dengan pihak luar universitas.
8.
E-learning
moodle, untuk proses pem-belajaran, sharing material, tugas yang digunakan oleh
banyak dosen dalam mendukung proses perkuliahan.
9.
E-doc,
untuk penyimpanan dokumen kerja berbasis HTTP, sehingga dapat diakses dari
jaringan global.
10.
Webmail,
menggunakan IMP Horde untuk akses email dari dalam maupun dari luar kampus,
11.
Sistem
Finger Print, untuk mencatat kehadiran karyawan.
No similar posts
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar